tp menurutku ini jadi kelemahan buat kebanyakan orang yg tidak terbiasa menyimpan kode² & merasa hal tersebut terlalu ribet & asing buat mereka yg terbiasa mengingat kombinasi username & password, mereka umumnya tidak menyimpan username + password mereka menggunakan password manager & menggunakan password yg berbeda² di setiap situs tetapi bagi yg menggunakan password manager atau tool untuk menyimpan catatan akan lebih mudah untuk menyimpan identitas mereka, saya sendiri untuk password manager menggunakan Bitwarden & password jg biasanya panjang & unik untuk setiap situs, sangat random & bukan yg dibuat untuk diingat, saya jg hanya mengigat password untuk password manager saya
saya tertarik sm Nostr karena benar² terdesentralisasi & saya jg bukan pengguna crypto, saya mencoba Nostr karena tadinya saya menggunakan fediverse & berpindah² instance trs kemudian saya pindah ke Nostr dengan alasan lebih terdesentralisasi dibandingkan dengan fediverse & dapat jg terhubung dengan fediverse terutama yg menggunakan ActivityPub, tapi emang kelemahan Nostr ada pada perbedaan sistem akun dimana akun merupakan key yg harus disimpan, bukannya merupakan username + password seperti pada umumnya
Masalahnya pengguna teknologi di Indonesia banyak yg gak kompeten dalam menggunakan teknologi & mereka lebih suka yg sat set² tetapi hasilnya biasa aja drpd yg hasilnya bagus, trs jg klo mereka ingin pindah dr sosmed mainstream mereka pasti akan mencoba dulu fediverse yg tidak benar² terdensentralisasi & taunya hanya instance itu aja & tidak tahu bahwa mereka bisa terhubung ke instance fediverse lain